7 Tempat Wisata Religi di Turki yang Menarik Dikunjungi Peziarah

Turki adalah negara dengan warisan agama yang kaya, dengan berbagai situs religius menarik ada berbagai tempat wisata religi di turki yang menarik para peziarah dari seluruh dunia. Dari Masjid Biru yang ikonik di Istanbul hingga kota kuno Ephesus, Turki adalah rumah bagi banyak landmark religius yang menawarkan wawasan kepada para pengunjung tentang masa lalu yang menarik di negara ini.

Pada artikel ini kami akan merangkum 7 tempat wisata religi di turki yang menarik di kunjugi Peziarah, karena Selain terdapat landmark terkenal, Turki juga memiliki banyak situs religius yang kurang terkenal yang menawarkan pengunjung sekilas pandang unik ke dalam tradisi religius yang beragam di negara ini.

Turki merupakan negara dengan berbagai destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan waktu liburan yang terbatas, pemilihan tempat wisata menjadi hal penting. Berikut ini, kami rangkum 7 tempat wisata di Turki yang wajib dikunjungi.

7 Tempat Wisata Religi Turki yang Menarik

Turki merupakan destinasi yang menarik bagi para peziarah religius, menawarkan banyak situs unik dan menawan yang memamerkan warisan religius yang kaya di negara ini. Apakah Anda mencari pencerahan spiritual atau hanya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang masa lalu Turki yang menarik, selalu ada sesuatu untuk semua orang di negara yang indah dan kaya akan budaya ini.

Berikut adalah tujuh destinasi wisata religi di Turki yang layak dikunjungi oleh para peziarah:

1. Hagia Sophia.

Masjid megah yang dulunya merupakan gereja pada masa Kekaisaran Byzantium. Bangunan ini merupakan Warisan Budaya Dunia UNESCO yang memiliki mozaik dua lambang keagamaan, Islam dan Kristen.

Hagia Sophia, juga dikenal sebagai Aya Sofya, adalah sebuah bangunan megah yang kini dijadikan sebagai museum. Bangunan ini awalnya merupakan gereja Ortodoks, kemudian diubah menjadi masjid, dan kini berfungsi sebagai museum yang memamerkan sejarah dan keindahan arsitekturalnya.

Hagia Sophia – Katedral kuno yang dulunya merupakan masjid dan sekarang menjadi museum ini merupakan salah satu situs religius paling terkenal di Turki. Terletak di Istanbul dan dibangun pada abad ke-6.

situs paling populer bagi para peziarah religius adalah Hagia Sophia, bekas gereja Bizantium yang diubah menjadi masjid pada abad ke-15. Mahakarya arsitektur yang menakjubkan ini menampilkan mosaik dan lukisan dinding yang rumit yang menceritakan kisah sejarah bangunan yang menarik.

2. Blue Mosque.

Blue Mosque (Masjid Biru), atau dikenal sebagai Masjid Sultan Ahmed terletak di Istanbul, merupakan sebuah masjid megah di Turki yang memiliki keunikan dan keindahan menakjubkan. Masjid Biru adalah contoh arsitektur Ottoman yang menakjubkan.

Masjid Biru (Blue Mosque) di Istanbul, Turki dibangun pada tahun 1609–1616. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I untuk mengangkat kembali moral Kekaisaran Ottoman.

Masjid ini terkenal dengan keramik biru yang menutupi dinding dan kubahnya. Selain itu, terdapat 6 menara yang menjadi ciri khasnya. Pengunjung yang ingin berkunjung ke masjid ini diharuskan mengenakan pakaian yang sopan, dan bagi wanita harus memakai hijab.

3. Yesil Turbe.

Yeşil Türbe (Makam Hijau) adalah makam Sultan Ottoman kelima, Mehmed I, yang terletak di Bursa, Turki. Makam ini dibangun pada tahun 1421 oleh Murad II, putra dan penerus Mehmed I. Arsitek Hacı Ivaz Pasha merancang makam dan Masjid Yeşil di seberangnya. 

Yeşil Türbe merupakan bagian dari kompleks multifungsi Mehmed I, Yeşil Külliye. Makam ini menjadi simbol Bursa dan dapat terlihat dari mana saja di kota

4. Koza Han.

Koza Han adalah pasar sutra yang terletak di Bursa, Turki. Koza Han dibangun pada tahun 1491 dan merupakan pusat produksi dan perdagangan sutra pada abad ke-14 hingga ke-16.

Koza Han diterjemahkan menjadi “Rumah Sutra”. Bangunan ini berbentuk persegi empat dengan taman di tengahnya dan sebuah mihrab kecil berdiri di tengah taman. Koza Han masih digunakan untuk berjualan hingga sekarang. 

5. Masjid Isa Bey.

Masjid Isa Bey (bahasa Turki: İsa Bey Camii) adalah masjid bersejarah peninggalan Dinasti Seljuk yang terletak di kota Selçuk, Provinsi İzmir, Turki. Masjid ini dibangun pada tahun 1374-75 dan merupakan salah satu karya seni arsitektur tertua dan paling mengesankan yang tersisa dari beyliks Anatolia.

Masjid Isa Bey terletak di antara Gereja Santo Jean dan Kuil Artemis di pinggiran Bukit Ayaslug di Selcuk, Izmir. Masjid ini terletak di belakang gereja Basilica St. John, tidak jauh jaraknya dan cukup berjalan kaki saja dari pusat kota. 

6. Istiklal Street.

Istiklal Street adalah salah satu jalan paling terkenal di Istanbul, Turki. Jalan ini membentang dari Taksim Square hingga Menara Galata. Istiklal Street merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Istanbul. Jalan ini memiliki banyak toko, kafe, dan restoran. 

Istiklal Street memiliki nama modern İstiklal (Kemerdekaan) yang diberikan pada 29 Oktober 1923, untuk memperingati kemenangan Turki dalam Perang Kemerdekaan. Jalan ini terletak di daerah Taksim, distrik Beyoglu. Istiklal Street merupakan jalan tersibuk di Istanbul, sebanding dengan Fifth Avenue di New York City atau Oxford Street di London.

Istiklal Street adalah tempat wisata belanja yang populer di Turki yang terletak di kota Istanbul. Terbentang sepanjang 1,4 km, tempat ini menawarkan berbagai jenis barang mulai dari pakaian, buku, hingga cokelat. Selain belanja, pengunjung juga dapat menikmati hiburan di klub malam, bioskop, dan restoran di sepanjang jalan ini.

7. Masjid Sulaimaniyah.

Masjid Raya Sulaimaniyah di Istanbul, Turki. Masjid ini didirikan pada tahun 1551 oleh Sultan Sulaiman I. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Turki. Masjid ini didesain oleh arsitek Turki bernama Sinan. Masjid ini terletak di atas bukit di belakang Universitas Istanbul.

Masjid Raya Sulaimaniyah di Deli Serdang, Sumatra Utara. Masjid ini didirikan pada tahun 1901 oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah. Masjid ini memiliki ciri khas Melayu dengan warna kuning dan atap hijau. Di kompleks masjid ini juga terdapat makam para Sultan Serdang dan keturunannya

7. Istanbul Archaeological Museum.

Museum Arkeologi Istanbul (bahasa Turki: İstanbul Arkeoloji Müzeleri) adalah kompleks museum arkeologi yang terdiri dari tiga museum. Museum ini terletak di distrik Eminönü, Istanbul, Turki, dekat Taman Gülhane dan Istana Topkapı.

Museum Arkeologi Istanbul merupakan museum reguler pertama dalam sejarah Kekaisaran Ottoman dan di Turki. Museum ini memiliki sekitar satu juta artefak. 

Kompleks museum ini terdiri dari tiga museum, yaitu:

  • Museum Arkeologi
  • Museum Ancient Orient
  • Museum Seni Islam (juga dikenal sebagai Museum Tiled Kiosk) 

Museum Arkeologi Istanbul terletak dalam satu kompleks dengan Istana Topkapi. Pengunjung dapat memanfaatkan museum pass untuk mengunjungi tempat ini

Dan ada banyak tempat lain yang bisa di kunjungi oleh wisatawan religius adalah kota Konya, yang merupakan rumah bagi Museum Mevlana yang spektakuler. Situs ini didedikasikan untuk kehidupan dan ajaran mistik Sufi Rumi, dan merupakan tempat ziarah bagi mereka yang mencari pencerahan spiritual.

Lanjut di chat yuk
1
Butuh bantuan?
Scan the code
Manasik
Assalamualaikum, Selamat datang di Manasik Tour & Travel, ada yang bisa kami bantu? 🙏